Onno Purbo Ajari Orang Jadi "Hacker"

Hacker

       Seminar edukasi dengan tema “How to Become to Good Hacker” atau “Bagaimana Menjadi Hacker yang Baik”dengan pembicara Onno W. Purbo telah diselenggarakan pada Hari Kamis, 12 Desember 2014. Onno W. Purbo menuturkan bahwa notebook untuk melakukan hack harus terinstal OS kali Linux atau Backtrack dahulu.

      Kita sering berpendapat bahwa haking merupakan suatu tindak kejahatan terhadap kejahatan teknologi. Namun hacking disini bukan untuk melakukan tindak kejahatan, justru menjadi celah keamanan suatu jaringan.  Sri Handayani yang merupakan CEO PT IDC Indonesia yang merupakan penyelenggara seminar dalam rangka Corporate Social Responsibility (CSR) IDC di Indonesia menuturkan bahwa meng-hack merupakan cara masuk kedalam suatu sistem, agar dapat diketahui bagaimana membangun sistem yang baik sehingga hacker/cracker tidak mudah menyusup sistem tersebut.
      Melalui seminar tersebut Onno W. Purbo menyampaikan teknik hacking meliputi langkah-langkah untuk evaluasi sasaran, scanning network, penjebolan password secara online hngga mempeajari bagaimana teknik menyadap untuk mempelajari protokol jaringan.
Pertahanan dan pengamatan sistem dalam pentingnya pendidikan hacking sangat ditekankan oleh onno W. Purbo pada seminar tersebut. Beliau menuturkan bahwa seseorang akan tahu bagaimana membuat sebuah pertahanan cyber jika dia mampu meretas suatu sistem atau server.
      Untuk menambah pasukan hacker pengawal keamanan cyber nasional, IDC berharap semakin banyak pihak yang mensosialisasikan pengetahuan hacking di masa depan nanti.

Sumber 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?