Bahayanya Wifi Geratisan




Kemajuan teknologi seperti saat ini menyebabkan penggunaan koneksi internet sangat dibutuhkan baik untuk kebutuhan bisnis, ataupun kebutuhan personal. Banyaknya masyarakat yang menggunakan internet memberikan peluang baru untuk dunia usaha rumah makan, stasiun dan banyak usaha lainya yang  menambahkan layanan wifi geratis untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Namun dibalik internet gratis bagaimana  keamanan dari serangan  penjahat siber..?
Kebanyakan wifi public di stasiun, bandara atau hotel bekerjasama dengan perusahaan terkemuka yang kemudian dilindungi dengan sistem keamanan terkemuka. Namun sikap kehati-hatian saat menggunakan wifi gratis tetap kita utamakan.

Para pelaku kejahatan internet terkadang menciptakan alat kusus untuk menjalankan aksinya,  biasanya para penjahat siber menciptakan perangkat hotspot milik sendiri seolah-olah menjadi WiFi publik. Karena merasa aman dan lengah, korban pun terjebak kemudian menyerahkan informasi pribadi miliknya.

Savvides mengungkapkan “Satu-satunya cara adalah dengan tidak mengabaikan peringatan yang muncul dari perangkat bila WIFi termasuk jaringan yang berbahaya,”.

Berikut tips agar aman saat menggunakan hospot umum menurut Savvides:
Jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, bahkan hanya untuk sesaat.
·Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.
·Pastikan Anda mengakses jaringan hostpot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.
·Matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur file sharing melalui menu pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.
·Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot publik. Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.
·Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.
·Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit komputer-komputer lain yang juga sedang terhubung di jaringan itu, atau mengetahui keberadaan hacker yang mungkin sedang mengintai di jaringan tersebut.
·Ambillah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?