“Hacker” China Bobol Google Pixel dalam Semenit







Minggu, 13 November 2016, 13.17 WIB
Ponsel terbaru dari Google yaitu Google Pixel tidak mampu bertahan lama karena telah dapat ditaklukkan oleh Hacker China dalam waktu kurang dari semenit. Beruntungnya para pembobol tersebut tidak memiliki niat jahat. Hacker China tersebut merupakan kelompok “white-hat” atau “hacker baik” yang hendak memperagakan dan menjelaskan celah security berbahaya di Google Pixel, pada acara kompetisi hacking 2016 Pwnfest di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 11 November 2016.
Kelompok Hacker tersebut yang bernama Qihoo 360, dapat membobol Pixel dengan menggunakan kelemahan yang belum diketahui oleh Google (zero-day vulnerability). Pembobolan dilakukan dengan menyuntikkan kode exploit berbahaya pada Pixel secara remote. Setelah memasang kode dalam waktu kurang dari 60 detik, hacker tersebut berhasil mengambil alih ponsel tersebut. Kemudian kode tersebut menjalankan aplikasi Google Play Store dan Chrome sebelum tampil pesan “Pwned by 360 Alpha Team” di layar sebagai tanda bahwa Pixel telah diretas. Informasi tersebut kemudian disampaikan ke Google agar celah keamanan dapat tingkatkan.
Atas jasanya dalam hal menemukan celah keamanan tersebut Qihoo 360 diberi hadiah uang sekitar Rp 1,6 miliar. Qihoo 360 juga pernah berhasil menemukan kelemahan di Peramban Edge pada Windows 10 dan Adobe Flash.
Sumber : http://tekno.kompas.com/read2016/11/13/13170057/.hacker.china.bobol.google.pixel.dalam.semenit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?