Pakar Siber: Jangan Tergiur Rayuan Hacker







21 Jan 2017, 12:01 WIB
Liputan6.com, Jakarta BBM channel merupakan fenomena aneh yang terjadi pada app BBM. Pesan broadcast ini berisi undangan untuk bergabung ke BBM Channel. Pesan broadcast  ini menjanjikan pengguna akan selalu menerima update terbaru secara otomatis. Bahkan, pengguna ditawari akses BBM cuma-cuma tanpa kuota.
Pakar keamanan siber dan kriptografi Pratama Persadha mengimbau, untuk tidak tergiur dengan rayuan orang yang tak bertanggung  jawab (seperti  hacker atau penyebar hoax  ). Beliau juga  mengimbau kepada pengguna, jangan mudah tergoda dengan broadcast palsu. Karena pihak yang membuat BBM Channel diyakini adalah orang yang tak bertanggung jawab, dan dikhawatirkan peluang tersebut dimanfaatkan tersebut untuk menyebarkan malware, trojan, virus, dan lainnya. Semua data transaksi internet banking juga  bisa dicuri oleh hacker. Bahkan data pengguna, termasuk nomor telepon bisa dijual ke perusahaan keuangan, semua data personal riskan dijual.
Meskipun demikian Pratama menenangkan pengguna untuk tidak panik dan khawatir. Ia menjelaskan jika ada pengguna yang terlanjur bergabung di channel palsu tersebut  cukup keluar dari saluran agar semua resiko bisa dihindari.
 Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?