Indonesia Kena Serangan Mematikan Hacker Lazarus






05 April 2017, 19:00WIB
Liputan6.com, Jakarta-Lazarus merupakan sebuah kelompok hacker yang terungkap oleh Kaspersky Lab. Lazarus diduga telah melakukan pencurian US$81 juta dari Bank Sentral Bangladesh pada tahun tahun 2016.
Selama analisis forensic dari jejak-jejak yang ditinggalkan kelompok Lazarus di perbankan Asia Tenggara dan Eropa, Kaspersky Lab telah mendalami tentang peralatan yang digunakan serta cara Lazarus beroperasi di lembaga keuangan, kasino, pengembang perangkat lunak untuk perusahaan investasi, dan perusahaan mata uang kripto di seluruh dunia. Dari analisis tersebut Kaspersky Lab dapat menggagalkan dua operasi lazarus yang akan mencuri sejumlah besar uang dari lembaga keuangan.
Pada Februari 2016, sekelompok hacker yang tidak dikenal berusaha mencuri uang sebesar US$ 851 juta dan berhasil menstransfer US$81 juta dari Bank Sentral Bangladesh. Menurut Kaspersky Lab kejadian tersebut merupakan salah satu aksi perampokan di dunia maya yang terbesar dan sukses. Penyelidikan lebih lanjut dilakukan oleh peneliti dari perusahaan keamanan IT yang berbeda, seta Kaspersky Lab untuk mengungkap pencurian itu dilakukan oleh lazarus.
Setelah melakukan pencurian di Bank sentral Bangladesh Lazarus mempersiapkan diri untuk mencuri uang dari bank-bank lain. Saat sudah siap, mereka akan menyerang berbagai lembaga keuangan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, operasi mereka digagalkan oleh produk Kaspersky Lab dan penyelidikan yang dilakukan oleh perusahaan.  
Sumber : http://m.liputan.com/tekno/read/2910763/indonesia-kena-serangan-mematikan-hacker-lazarus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?