Hacker Bobol Bank Sentral Rusia, Uang 403 Miliar Rupiah Lenyap


Bank Central Russia, Moskow



Banyak aksi yang telah dilakukan oleh para  hacker  beberapa waktu lalu, salah satu aksinya yaitu pembobolan bank . Pembobolan yang dilakukan bukan hanya pada sistem jaringannya saja melainkan mereka meraup sejumlah uang yang cukup besar nominalnya. Aksi pembobolan uang oleh hacker telah terjadi di Rusia pada tahun 2016. CNN memberitakan bahwa Bank central Rusia telah kecolongan uang sekitar 31 juta USD atau sekitar 403,8 miliar rupiah oleh lebih dari satu hacker. Bukan hanya bank yang menjadi incaran, namun para nasabah bank juga menjadi sasaran para hacker untuk meraup uang.  Pihak bank mengatakan bahwa mereka mengetahui niat para hacker tersebut tetapi mereka telah berhasil menggagalkannya. Hasil curian para hacker telah di transfer kembali ke pihak bank dan para nasabah.
Sebelum kejadian peretasan oleh para hacker di Bank Centra Asia, telah banyak berita mengenai ancaman bahwa sekolompok hacker akan menyerang sistem jaringan keamanan di Rusia. Namun hal tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya.
Jika kita melihat kebelakang, telah terjadi kesamaan kasus pembobolan Bank Cetral Rusia dengan salah satu Bank di Bangladesh. Para Hacker juga telah meraup banya uang yaitu sebesar  81 USD atau sekitar 1 triliun rupiah. Ada pemberitaan bahwa sebenarnya para hacker ingin meraup uang 951 USD pada bank tersebut namun mereka gagal karena telah terjadi kesalahan penulisan (typo) pada bagian penerimanya. Namun pihak bank di Bangladesh telah mengetahui aksi tersebut dan berhasil menggagalkannya.
Badan regulasi bank dunia telah menganjurkan bank di seluruh dunia untuk mengganti  atau memperbarui sistem jaringan , melihat semakin maraknya kasus pembobolan bank akhir-akhir ini.

Sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Ahok Bebas, Hacker Retas Situs Web PN Negara dan Tempo

Hacker WannaCry Berasal Dari China Bagian Selatan?